Masih banyak orang bilang,
Mau bikin bisnis gede itu kudu modal gede.
Simple aja deh,
Anggap aja Suneo adalah anak orang kaya,
baru lulus kuliah nih.. lulusan luar negri, balik ke negaranya dan mau bikin usaha sendiri sesuai hobby dia, ogah nerusin kerajaan bisnis emak bapaknya.. dan 90 network dari emak bapaknya.. gengsi cuyy..
Jadi Suneo ini ingin semuanya dia yang rintis, tanpa ada hubungan emak bapaknya,
taunya cuma bilang, kasih saya modal gede,
singkat cerita ortunya ngasih duit ke dia, 100 juta buat modal bisnis.
Apa yang akan Suneo pikirkan pertama kali? yang masih belum pernah memulai bisnis.
=============
Rata-rata pemula masih mikir, dikasih modal gede itu, buat sewa tempat, kantor yang keren, gaji beberapa pegawai, sama modal buat stok produk --> padahal ini tuh langkah terakhirrr, bukan modal awal..
6 bulan kemudian bangkrut. Suneo ingin berjualan, ide bisnis banyak tapi dia sendiri aja gak dikenal orang, produknya aja gak dikenal orang. gimana mau laku?
Bikin tempat bagus-bagus, tapi gak ada yang tau, siapa yg mau datengin?
Berapa banyak restoran dengan interior keren yang gak lama tutup? atau Produk yang secara packaging udah keren banget, tapi teryata gak kedengeran lagi kabarnya sampai sekarang?
=============
Contoh aja deh, dari sisi customer, misal saya mau bikin water cooling buat komputer, saya udah tau saya mesti kontak ke siapa. Nah gimana orang ini bisa bikin saya yang tadinya gak kenal dia JADI kenal?, oh saya tau dia dari google/kaskus..
eksistensi personal brandingnya dia bisa saya temukan dengan mudah secara online.
==============
Menurut saya (ya ini menurut saya, bisa bener, bisa ngaco :v ),
Modal bisnis yang paling utama itu BUKAN DUIT tapi adalah
1. Berani dulu lah, seperti kata Bob Sadino, bisnis yang bagus itu yg dimulai, bukan yg cuma ditanya2in terus2an,
2. Punya Ide Bisnisnya, liat ke Marketplace, ngeliat ada ratusan barang yg lagi hot dan trending, kamu bisa menemukan ratusan bahkan ribuan ide bisnis
3. Mengubah Ide Bisnis menjadi Peluang Bisnis dengan
----Indetifikasi masalah pelanggan
Apa pun yang kamu rasa ketika menggunakan suatu produk lalu bergumam "ini produk seandainya bisa gini nih, akan jauh lebih baik" --> nah ini aja bisa jadi peluang bisnis
-----Identifikasi seberapa gede ini target marketnya, siapa-siapa yang mampu dan mau (ada pelanggan yang mau dan mampu membayar)
-----Ada solusi yang tidak bisa ditolak oleh pelanggan, masalah itu muncul karena kompetitor tidak bisa menawarkan solusi untuk masalah tersebut.
4. Teknologi
Modal HP & Kuota, pelajari ngiklan, branding di online, sosmed,
5. Product Knowledege
Tidak menguasai produk yang di jual, cuma asal jual.
Mau jualan suplemen lah misalnya, lah yang jualan suplemen udah ratusan ribu orang, nah tapi kalau dia sendiri gak tau kelebihan produknya itu apa aja dibandingkan kompetitor, ya gimana?, jadi penguasaan produk itu penting, biar kalau customer tanya ini itu, bisa jawab.
6. Jalur Distribusi, rencana mau dijual dimana aja
offline/online/via telpon?, lalu flow jalurnya gimana, apakah ribet utk pengiriman dari supplier ke dia, lalu dari dia ke customer, apakah ada kendala faktor eksternal, misalnya dari pihak ekspedisi gak bisa kirim barang-barang tertentu jika lintas pulau, ya gimana mau lancar kalau customer mau beli barang tapi jalur distribusinya macet. Barang udah laku tapi belum ready.
7. Dipercaya Supplier dan Customer Base yang loyal
udah tau nanti kalau bikin bisnis ini, siapa yang akan mampu dan mau beli,, banyak pengusaha pemula yg belum punya customer tapi modal dia adalah dipercaya oleh Supplier, banyak supplier yang mau mempercayakan barangnya ke dia, ini aja modal yg sangat penting. Nah gimana caranya biar dapetin loyal Customer?, wah ini udah panjang banget dulu saya bahas, via personal branding, product branding, testimoni, after sales, dll.
8. Baru deh TEMPAT USAHA (ini baru butuh modal), tapi kalau nomor 1 s/d 7 aja belum dilakukan, terus langsung mulai ke nomor 8, ya menurut saya keliru yaa..
Gitu aja .. semoga bermanfaat
Komentar
Posting Komentar